Company Profile


INFORMASI UMUM DAN SPESIFIKASI PRODUK

PT. TRIGATRA RAJASA



GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

PT. TRIGATRA RAJASA merupakan Perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang Perkebunan dan Perdagangan, khususnya perkebunan mangga.
Lokasi Perkebunan terletak di Desa Ketowan dan Lamongan, Kecamatan Arjasa – Kabupaten Situbondo, kurang lebih 220 Km ke arah timur dari Surabaya atau 60 km ke arah barat dari  Banyuwangi. Lokasi kebun hanya berjarak 2 km dari jalan raya Surabaya-Banyuwangi.
Komoditi yang diusahakan adalah Mangga dari jenis Arumanis 143. Bibit pada awal tanam berasal dari Balai Benih Induk (BBI) Pohjentrek dan penangkaran lain yang dipercaya. Sejak tahun 1994 telah dibuat bibit sendiri yang lebih sesuai dengan kebutuhan setempat, dengan  sumber bahan tanam  yang telah teruji  dari kebun sendiri.

Luas lahan yang dikerjakan  mencapai 130 Ha, diatas lahan Hak Guna Usaha seluas 210.167 Ha. Lahan terletak pada ketinggian 30m dari permukaan laut dengan curah hujan tahunan rata-rata 780 mm per tahun, dengan tiga bulan basah per tahun. Gabungan antara kondisi cuaca yang kering, sinar matahari yang penuh sepanjang tahun, ketinggian lahan yang sesuai, serta metoda budidaya yang tepat menghasilkan buah mangga dengan cita rasa dan kualitas yang  khas dan berbeda dari yang lain. Pada kemasakan yang optimal kadar gula bisa mencapai 16 s/d 20 Brix (% mas sucrose)



Hamparan kebun PT. TRIGATRA RAJASA


Manajemen perusahaan dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip budidaya yang tepat, pengendalian mutu buah sejak pembungaan

Pembungaan yang sempurna




Pembungkusan Buah Mangga




Pohon berbuah lebat


Evaluasi dan perbaikan prosedur dilaksanakan secara terus menerus tanpa meninggalkan kaidah lingkungan membuahkan berbagai prestasi yang telah diraih sejak tahun 1993 hingga tahun 2009 :
a. Pada tahun 1993 mendapatkan penghargaan lingkungan hidup tingkat Propinsi Jawa Timur.
b. Pada tahun 2000 mendapatkan penghargaan lingkungan hidup tingkat  nasional.
c. Dengan pengalaman memproduksi bibit untuk keperluan sendiri, pada tahun 2003 mendapat kepercayaan pemerintah untuk menangkarkan varietas mangga unggulan yang baru, Ken Layung dan Marifta.
d. Kualitas buah yang dihasilkan diakui oleh masyarakat dengan terpilihnya mangga produk PT Trigatra Rajasa sebagai juara dalam Lomba Buah Unggul tingkat nasional tahun 2004 yang diselenggarakan oleh majalah Trubus
e. Pada tahun 2005, PT Trigatra Rajasa terpilih menjadi anggota Pokja Nasional untuk pengendalian hama lalat buah

Juara I Buah Unggul Nasional Kategori Mangga tahun 2004 TRUBUS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar